Kamis, 17 Maret 2016

Ini Penyebab Ambeien/Wasir yang Perlu Anda Ketahui!!!



Ambeien/Wasir hadir bukan tanpa sebab, namun ambeien/wasir terjadi karena beberapa faktor yang membuat kita berfikir untuk mencari obat ambeien/wasir. Salah satu yang menyebabkan ambeien/wasir terjadi karena kandungan-kandungan buruk yang ada dalam makanan instan, banyaknya aktivitas kerja dalam ruangan yang membuat kita jarang bergerak, dan kurangnya olahraga diduga menjadi pemicu munculnya beragam jenis penyakit. Seperti Wasir/Ambeien.
Secara anatomi, wasir/ambeien bukanlah suatu penyakit, melainkan karena suatu perubahan pada bantalan pembuluh-pembuluh darah di anus (dalam bahasa Latin disebut dengan corpus cavernosa recti) yang berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. Fungsi bantalan tersebut merupakan katup yang membantu otot-otot anus untuk menahan feses. Terdapat tiga pembuluh darah yang ada didaerah anus. Jika terjadi suatu hal yang menyebabkan terjadinya gangguan (bendungan) aliran darah, pembuluh darah di daerah anus yang melebar dan membengkak. Keadaan tersebut disebut wasir/ambeien. 
Wasir/ambeien bisa mengalami peradangan yang menyebabkan terbentuknya bekuan darah (trombus), pendarahan, atau membesar dan menonjolnya wasir ke luar. Wasir yang tetap berada di anus disebut wasir dalam (hemoroid internal) dan wasir yang keluar anus disebut wasir luar (hemoroid eksternal).
A. Wasir Dalam (Hemoroid Internal) 
Wasir Dalam merupakan wasir yang terjadi diatas (didalam). Gejala yang paling sering timbul adalah pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar dengan feses yang keras. Wasir dalam dibagi menjadi tinga tingkatan berikut.  
1. Tingkat I (dini): tidak menonjol melalui anus
2. Tingkat II : sudah menonjol dan dapat menonjol melewati anus sesudah penderita buang air besar. 
3. Tingkat III: menonjol secara menetap. 
Pada derajat I dan II, Wasir dalam masih dapat hilang secara spontan tanpa operasi.
B.  Wasir Luar (Hemoroid Eksternal)
Wasir Luar merupakan varises dibawah otot dan biasanya dengan kulit. Gejala wasir luar yang sering terjadi adalah adanya benjolan di anus, yang terkadang berdarah, buang air besar camppur darah, terasa perih, nyeri atau panas. Hati-hati jika terjadi pendarahan yang cukup banyak sebab dapat menyebabkan anemia (kurang darah). 

Wasir Luar dibagi dalan dua jenis yaitu sebagai berikut.
1. Wasir Luar Akut: berupa bengkak bulat kebiruan di pinggir anus. Sering terasa sangat sakit dan gatal 
2. Wasir Luar Kronis: Wasir Luar Kronis terjadi sejak lama. 
C. Gejala Umum Ambeien
Wasir sering kali ditandai dengan rasa sakit di pembuluh darah dan sekitar anus, demikian yang diungkap oleh US National Digestive Diseases Information Cearinghouse (NDDIC). Wasir dapat mengeluarkan darah, terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau telihat bercak darah di handuk atau tisu kamar mandi. Darah dapat membuat air di kakus menjadi merah. Namun, jumlah darah biasanya sedikit dan wasir jarang menyebabkan seseorang kehilangan darah yang berat atau anemia.
Wasir dapat menonjol ke luar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau dapat masuk dengan sendirjnya. Wasir bisa membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuk bekuan darah. Kadang wasir dapat mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Akan tetapi, bukan berarti gagal di daerah anus (pruritus ani) berarti gejala wasir. Rasa gatal dapat terjadi karena seseorang sulit menjaga kebersihan di daerah terasa nyeri tersebut.
D. Faktor Resiko/Penyebab Ambeien
Wasir dapat diakibatkan oleh hal-hal berikut... 
  • Terlalu banyak atau terlalu lama duduk (lebih dari dua jam)
  • Diare menahun
  • Kehamilan akibat perubahan hormon
  • Keturunan penderita wasir
  • Hubungan seks yang tidak lazim 
  • Penyakit membuat penderita mengejan
  • Kurang olahraga 
  • Kurang mengonsumsi serat 
  • Sembelit/konstipasi/obstipasi menahun 
  • Sering menunda buang air besar sehingga kotoran mengeras
  • Kurangnya konsumsi air putih dan sayuran 
  • Penekanan kembali aliran darah vena 
  • Mengejan terlalu kuat
 E. Deteksi Dini Ambeien/Wasir


Deteksi dini penyakit wasir sangat mudah. Kita dapat mengamati gejalanya. Gejala utama wasir adalah terjadi pendarahan dan adanya benjolan di anus. Gejala tambahannya adalah sakit di daerah anus dan terasa mengganjal, keluar cairan dari anus, dan gatal di sekitar anus. Jika mengalami gejala-gejala tersebut untuk segerah mungkin memeriksakan ke dokter untuk memastikan apakah itu gejala wasir, tumor atau polip yang mirip dengan gejala wasir. 
Kategori-Kategori Wasir Sesuai Stadium
a. Stadium 1. Pada stadium pertama, wasir tidak terlalu dirasakan dan tidak banyak mengganggu aktivitas seseorang. Ciri-ciri umum orang yang menderita wasir stadium pertama adalah adanya rasa panas, gatal dan susah buang air besar.

b. Stadium 2. Pada stadium kedua dapat diketahui dengan ciri-ciri yang terasa sakit dan terjadi pendarahan ketika buang air besar. Terkadang wasir akan menampakkan benjolan dan ketika seseorang sedang buang air besar yang disertai dengan darah. Wasir yang keluar dalam bentuk daging kecil dapat masuk kembali.

c. Stadium 3. Pada stadium ketiga, mulai terjadi pendarahan yang mana keluar benjolan dan disertai rasa sakit dan benjolan tersebut harus didorong untuk memasukkannya. Benjolan yang diakibatkan oleh wasir/ambeien mulai menggangu aktifitas dan terus membandul karena sering kali keluar walaupun bentuk wasir masih terlihat sebesar jari kelingking.

d. Stadium 4. Stadium keempat, wasir terus keluar walaupun sudah didorong dan bentuk sudah jelas, dan sedemikian besarnya hingga membentuk lingkaran di sekitar lubang anus. Kadang-kadang wasir bisa menyebabkan kesulitan kencing, yang disebabkan oleh terjadinya penekanan wasir internal di saluran kencing.

Pengobatan Ambeien/Wasir 
Terdapat beberapa cara mengobati ambeien/wasir, mulai dari menggunakan obat-obatan, suntikan hingga sampai operasi. Sebagai upaya pengobatan terakhir, dokter umumnya melakukan bedah pisau (konvensional, terutama untuk wasir pada stadium 4).
Umumnya, ambeien/wasir diobati dengan obat-obatan pada stadium 1 dan 2. Namun jika terjadi pendarahan dan lantas obat-obatan tersebut tidak mempan maka dilakukan tindakan menghentikan pendarahan dengan menyuntik, mengikat, membakar, atau membekukan wasir/ambeien. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya anda mengetahui lebih cepat, sudah stadium mana ambeien/wasir anda agar tidak berujung pada operasi dan pengobatan ambeien/wasir tidak terlalu mahal dan murah yaitu dengan menggunakan pengobatan herbal, tanaman tradisional yang sudah banyak mengatasi masalah ambeien/wasir.

0 komentar:

Posting Komentar