Rabu, 16 Maret 2016

Manfaat Tanaman Paku



Tanaman Paku ini adalah salah satu istilah ini kurang umum dikenal di masyarakat. Nama lainnya adalah kata pakis, tanduk rusa atau juga suplir. Maka orang-orang pasti akan langsung teringat dengan sayuran atau juga tanaman hias tertentu. Memang tanaman paku ini adalah salah satu jenis tumbuhan tertua di dunia yang masih ada sampai saat ini. Dan kebanyakan orang tumbuhan, ini sering dianggap sebagai pengganggu karena sering tumbuh liar.
Tapi siapa sangka manfaat dari tumbuhan paku cukup banyak dan ciri khas dari tanaman paku adalah daunnya yang menggulung saat masih tunas serta untuk paku-pakuan jenis tertentu memiliki ukuran daun yang tidak seragam, ada juga yang kecil dan ada yang besar. Sekalipun tidak banyak yang tahu jenisnya, yang pada kenyataannya tanaman ini sering digunakan untuk kebutuhan manusia. Berikut beberapa Manfaat Dan Kegunaan Tanaman Paku dibawah ini:
  • Pertama manfaat tanaman paku sebagai sayuran, nah beberapa jenis paku-pakuan seperti semanggi, paku tiang serta pteridium aqualium sering dijadikan sebagai sayuran.
  • Selain itu tanaman paku juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias dan beberapa diantaranya tanaman paku ini adalah suplir, sarang burung, paku rane serta tanduk rusa. Dimana biasanya untuk tanaman-tanaman ini sering ditemukan di rumah-rumah sebagai penyemarak serta untuk memperindah pemandangan rumah.
  • Tanaman paku juga selain untuk tanaman hias juga dapat diguanakan sebagai bahan untuk karangan bunga seperti lycopodium cernuum.
  • Selanjutnya manfaat tanaman paku dapat digunakan untuk menyuburkan tanah. Pada daun tanaman paku ini terdapat kantung-kantung kecil yang biasanya menjadi rumah bagi beberapa jenis bakteri penghasil pupuk alami. Dan jenis tanaman paku ini adalah azolla pinata. Memang simbiosis kedua tanaman inilah yang dapat membuat tanaman paku ini bisa membantu kesuburan tanah.
Kegunaan
  • Kegunaan tanaman paku bisa dijadikan sebagai obat-obatan, seperti jenis dyoptorix fillx-mas, aspidium SP dan locopodium clavatum.
  • Kegunaan tanaman paku ini biasa dimanfaatkan untuk membantu untuk menyuburkan tanah pertanian.
Demikian Manfaat Dan Kegunaan Tanaman Paku yang bisa kami berikan untuk kamu dan semoga dapat menambah pengetahuan kamu seputar tamanan paku ini serta dapat menganbil manfaat dan mengerti kegunaannya

0 komentar:

Posting Komentar