Kamis, 17 Maret 2016

HATI-HATI, INI BAHAYA SERING MINUMAN BERSODA BAGI TUBUH ANDA ((BANTU SHARE))!!!



Minuman bersoda seperti yang sering Anda jumpai di kehidupan sehari hari tentunya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan dari Anda untuk mengkonsumsinya apalagi ketika habis melakukan perjalanan jauh ataupun setelah panas panasan diluar rumah. Karena kesegarannya banyak pula orang yang menjadikan minuman bersoda menjadi minuman “wajib” disaat saat tertentu.
Tapi seperti yang sudah kita ketahui bahwa minuman bersoda juga tentunya memiliki banyak zat-zat yang dapat menggangu kesehatan tubuh Anda apabila terlalu sering dikonsumsi. Minuman bersoda biasanya memiliki kadar gula tinggi, minuman ini terbuat dari air gula yang hanya diisi dengan gas dan tidak mengandung nilai gizi sama sekali. Jumlah gula yang terkandung dalam satu kaleng soda, menurut penelitian, minimal sepuluh sendok teh.
Jadi, dapat dibayangkan betapa berbahaya minuman ini jika diminum terlalu sering. Walaupun sudah banyak orang yang mengetahui akan bahaya dari minuman bersoda, ironisnya banyak orang yang mengkonsumsi lebih banyak minuman bersoda daripada air putih setiap hari. Padahal, air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar setiap harinya agar metabolisme berjalan normal. Sementara pemanis buatan dalam soda tidak dapat dipecah dalam tubuh. Terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda bisa mengakibatkan timbulnya banyak penyakit seperti masalah gigi dan gusi yang menjadi keropos karena penumpukan plak pada gigi yang disebabkan oleh kandungan gula dan asam yang massif pada minuman soda yang dapat mengikis enamel gigi.
Minuman bersoda mempunyai banyak efek negatif bagi tubuh, selain pengeroposan pada gigi minuman bersoda juga dapat menganggu kesehatan tulang dan menyebabkan osteoporosis. Hal ini disebabkan karena kandungan posfor pada minuman bersoda yang menjadikan tulang menjadi rapuh dan kemudian di ereksikan melalui urin. Selain menimbulkan masalah pada tulang dan gigi, minuman bersoda juga dapat menyebabkan kencing manis karena jumlah kandungan gula yang terdapat dalam minuman bersoda yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah naik secara signifikan sehingga kinerja insulin menjadi terganggu dan dapat menyebabkan diabetes tipe 2.
Selain meningkatkan kadar gula, minuman bersoda juga berpotensi meningkatkan kadar lemak. Hal ini karena asam fosfat dalam soda mengganggu asam lambung dan memperlambat proses pencernaan. Soda juga cenderung meningkatkan risiko sindrom metabolik, sehingga meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kadar kolesterol meningkat dalam tubuh, potensi penyakit jantung juga akan meningkat. Minuman bersoda juga memiliki banyak efek samping negatif lainnya seperti darah tinggi, kegemukan, dehidrasi kronis, masalah ginjal, asma hingga masalah reproduksi.

0 komentar:

Posting Komentar