Rabu, 16 Maret 2016

Khasiat Buah Pisang



Buah pisang ternyata juga beguna untuk diet dan perawatan kecantikan Di pedesaan, buah pisang kerap menjadi hidangan pembuka dalam acara pernikahan dan sebagainya karena buahnya manis dan empuk bila dikunyah. Mayoritas orang menyukai buah berbentuk lonjong ini, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Buah pisang juga dekat dengan kehidupan kaum hawa. Buah ini banyak digunakan untuk merawat kecantikan wajah dan kulit. Tanaman pisang merupakan tanaman buah yang berasal dari Asia Tenggara, terutama indonesia.
Tanaman pisang dikenal dengan nama yang berbeda di berbagai daerah di Indonesia. Di Jawa masyarakat menyebutnya dengan nama gedang. Orang Sunda pisang disebut dengan nama cau. Sedangkan di Bali, orang menyebutnya dengan nama biu. Masyarakat Lampung menyebutnya dengan nama puti. Lain lagi di Gorontalo, masyarakat sering menyebutnya dengan nama wusak. Di Ambon pisang disebut dengan nama kulo. Di Indonesia, dikenal beragam tiga jenis pisang, yakni Pisang Serat, Pisang Hias, serta Pisang Buah. Yang membeclakan ketiganya secara khusus adalah fungsi dan kegunaan dari buah tersebut.

Kandungan Buah Pisang

Buah pisang memiliki banyak senyawa aktif serta kandungan zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebut saja kandungan asam folat yang bagus untuk ibu hamil, flavonoid yang bermanfaat mencegah penyakit kanker (antikanker), asam amino triptofan yang membantu menstabilkan kondisi psikis, asam lemak yang dapat membantu sistem pencernaan, lektin sebagai senyawa anti HIV, kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, vitamin yang bermanfaat untuk mencegah infeksi pada tubuh, hingga serat yang mampu mengobati ulkus peptikum dan mengurangi iritasi pada lambung. Selain itu, buah pisang masih mempunyai banyak khasiat seperti melindungi struktur sel, sebagai antibiotik, mengobati penyakit diare, mencegah risiko penyakit stroke, menormalkan irama jantung, serta melancarkan peredaran oksigen ke otak.

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang ingin menjalani kehamilan dengan lebih sehat, maka konsumsi lah buah pisang. Kandungan asam folat pada pisang dapat memaksimalkan tumbuh kembang janin di dalam rahim ibu sehingga buah pisang sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk kesempurnaan janin dan mengurangi risiko cacat bawaan pada bayi. Disamping itu, asam folat mampu menurunkan kadar homosistein pada tubuh. Homosisten merupakan pemicu munculnya serangan jantung. Senyawa ini berperan dalam peningkatan stres, kerusakan pembuluh darah, serta pemicu munculnya plak. Sehingga semakin rendah kadar homosistein tubuh, semakin kecil pula risiko penyakit jantung.

Cara Mengolah Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mudah didapatkan, baik di toko maupun di pasar. Seluruh bagian buah pisang dapat dimanfaatkan sebagai herbal. Buah pisang yang sudah matang dapat langsung dimakan. Selain itu, buah pisang dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan dan minuman seperti salad, sale pisang, kolak, getuk, jus, selai, dodol, saus, dan lainnya. Buah pisang juga banyak ditemukan di Indonesia dalam bentuk produk makanan ringan seperti keripik pisang, sale pisang, dan pisang goreng.

0 komentar:

Posting Komentar