Rabu, 16 Maret 2016

Khasiat Brotowali untuk Penyakit Diabetes



Para peminat jamu, tentu saja sudah tidak asing lagi apabila mendengar kata brotowali. Tanaman herbal yang dikenal dengan rasanya yang sangat pahit ini diklaim sebagai salah satu tanaman asli Asia Tenggara. Namun demikian hingga saat ini belum diketahui secara pasti dari mana asal tanaman ini yang sebenarnya. Brotowali memiliki nama ilmiah tinospora rumphii, di berbagai daerah tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda. Di jawa dikenal sebagai bratawali, daun gadel, dan putrawali, di sunda disebut dengan andawali, sedangkan dibali lebih dikenal dengan antawali.
Brotowali adalah tanaman perdu yang menjalan dan melilit tanaman lain, batangnya berukuran sebesar jari kelingking dan memiliki bintil-bintil dan mampu tumbuh hingga mencapai 2,5 meter. Daun brotowali merupakan daun tunggal dengan bentuk seperti jantung, bertangkai, dan memiliki panjang 6-11 cm serta lebar 4-9 cm. Tamanam ini memiliki bunga yang berwarna hijau muda dan berukuran kecil. Brotowali mampu tumbuh di berbagai tempat seperti hutan, pekarangan, maupun sebagai tanaman hias.

Khasiat Kandungan Brotowali

Di Filipina, tanaman brotowali digunakan sebagai obat kencing manis atau diabetes mellitus. Lalu, bagaimana dengan di Indonesia? Bali merupakan salah satu daerah pengguna brotowali terbanyak. Masyarakat di sana menggunakan batang brotowali sebagai obat sakit perut, demam, dan sakit kuning. Tumbukan brotowati juga mereka gunakan untuk sakit punggung atau pinggang. Berbeda dengan masyarakat Jawa yang menggunakan brotowali sebagai obat demam dan obat luar untuk luka dan gatal-gatal. Air rebusan brotowali juga digunakan untuk koreng atau borok yang sulit sembuh.
Semua khasiat dan manfaat tadi bisa diperoleh karena adanya kandungan yang kaya pada bagian tanaman brotowali. Akar tanaman brotowali memiliki senyawa berberin dan kolumbin yang bersifat sebagai antimikroba. Daun dan batang brotowali mengandung berbagai senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Daun brotowali diketahui dapat digunakan sebagai obat pencahar, obat diabetes, serta obat luka. Sedangkan batang brotowaii dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh serta meningkatkan nafsu makan.

0 komentar:

Posting Komentar