Kamis, 07 April 2016

Ini dia, Nutrisi Penting Ketika Haid.



Apakah kalian tahu ternyata penting loh bagi wanita untuk selalu mempertahankan pola makan yang sehat untuk mengurangi efek negatife yang sering dialami saat haid. Berikut ini beberapa panduan mengenai asupan nutrisi dan gizi yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama haid.

1.    Pada periode haid normal, wanita akan kehilangan darah sebanyak kurang lebih antara 10-80cc darah dalam sehari. Sementara mereka yang mengalami haid yang lebih berat akan kehilangan darah lebih banyak. Olehkarena itu kehilangan cairan tersebut harus digantikan dengan minum air yang cukup.
  1. Pastikan mengonsumsi kalsium yang cukup. Sumber kalsium yang baik terdapat pada susu rendah lemak, kedelai atau susu beras, tofu, yogurt, brokoli, dan salmon. Kalsium bisa membantu mempertahankan tonus otot dan mencegah kram dan nyeri perut. Konsumsi karbohiidrat kompleks seperti roti gandum, buah segar dan sayuran.
  2. Keluhan lain yang sering dialami saat haid adalah konstipasi (susah buang air besar). Makanan yang bisa membantu mengurangi gejala tersebut adalah sayuran.
  3. Tingkatkan konsumsi magnesium dalam makanan. Makanan yang mengandung magnesium seperti kacang-kacangan dan tofu. Magnesium dapat mengoptimalisasi kapasitas tubuh untuk menyerap kalsium dan mengurangi kram perut.
  4. Konsumsi vitamin E, suatu antioksidan yang bisa mengatasi beberapa gejala pre haid dan juga memberikan manfaat pada sistem sirkulasi. Makanan yang memiliki vitamin E termasuk alpukat, kuning telur dan hati.
  5. Makanlah makanan yang kaya akan vitamin B6 seperti kentang dan pisang yang bisa membantu metabolisme protein dan sel darah merah dan telah dilansir bisa mengurasi depresi
  6. Pastikan Anda mendapat vitamin C dan zinc yang cukup, karena zat gizi tersebut adalah pendukung kesehatan sel telur wanita dan system reproduksi.
  7. Sementara dalam darah yang terbuang terkandung zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Apabila seseorang mengalami kekurangan zat besi maka gejala yang umum timbul berupa lelah, pucat, rambut rontok, mudah marah, lemah dan gangguan fungsi pertahanan tubuh, Maka untuk mencegahnya, sebaiknya setiap wanita mencukupinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi diantaranya daging, ayam, ikan, kacang-kacangan dan sereal.
Sumber : boykepedia.com

0 komentar:

Posting Komentar