Minggu, 03 April 2016

INI DIA, SAYURAN YANG MENGANDUNG ASAM FOLAT DAN DHA



Banyak alasan penting mengapa kamu harus mengetahui daftar makanan yang mengandung asam folat dan DHA. Fungsi paling penting dari asam folat adalah membantu memperbaiki sel yang rusak serta perannya dalam pertumbuhan sel. Tidak adanya asam folat ini sel tidak dapat tumbuh, kekurangan asam folat akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan, seperti tinggi badan dan berat badan di bawah normal, mudah lelah, anemia, mudah stres/depresi, dll. Bahkan pada saat kehamilan kekurangan asam folat mengakibatkan kecacatan pada janin, seperti gangguan jantung, gangguan tulang belakang, gangguan persyarafan bibir sumbing, dan lain sebagainya.
Memenuhi kebutuhan asam folat sehari-hari sangatlah penting untuk menunjang kesehatan kamu supaya selalu terjaga. Anemia yang tidak disebabkan oleh kekurangan asam folat, dapat diatasi dengan asupan asam folat yang sedikit berlebih dari biasanya. Dengan pemenuhan kebutuhan asam folat yang cukup Kamu dapat beraktivitas sehari-hari dengan optimal karena tidak akan mudah lelah.
DHA tidak kalah pentingnya dengan asam folat. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama menjaga kesehatan jantung dalam jangka panjang, menurunkan kadar gliserida tinggi pada orang yang bermasalah dengan kolesterol, menjaga kesehatan arteri/pembuluh darah, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan mata. Kekurangan DHA akan mengakibatkan penyakit yang fatal, yaitu kanker prostat, gangguan liver/hati, selain itu juga menyebabkan alzheimer, gangguan motorik, dll.
Alasan kenapa asam folat dan DHA sering dibahas bersama adalah karena keduanya sangat penting bagi pertumbuhan janin dan anak-anak. Jika asam folat bermanfaat untuk perkembangan organ tubuh janin secara keseluruhan dan mencegah kecacatan, serta mendukung tumbuh kembang anak-anak, DHA lebih berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak pada janin dan anak-anak yang akan meningkatkan kecerdasannya. DHA merupakan salah satu jenis asam omega 3 yang kita ketahui sangat berperan dalam perkembangan kecerdasan.

Berikut Ini Daftar Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B, yaitu vitamin B9. Asam folat dalam bentuk alaminya sebenarnya disebut folat saja, dan terdapat pada bermacam jenis makanan yang mudah kita dapatkan sehari-hari. Apa saja makanan sumber asam folat ini? berikut selengkapnya.
·  Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau tua merupakan makanan yang mengandung asam folat nomor satu. Tambahkan menu bayam, sawi hijau dan selada di menu harian Kamu. Sepiring besar sayuran di atas dapat mencukupi kebutuhan asam folat harian kamu.
·  Brokoli
Satu mangkuk brokoli mengandung 24% kadar asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain menjadi makanan sumber asam folat, brokoli juga kaya akan antioksidan dan dapat membantu proses detoksifikasi di tubuh kamu.
·  Jeruk
Banyak buah-buahan yang mengandung asam folat, namun jeruk mempunyai kandungan asam folat yang paling tinggi. Masukkan jeruk atau lemon ke dalam menu harian Kamu dan asupan asam folat Anda akan bertambah.
·  Asparagus
Jenis sayuran ini adalah makanan sumber asam folat. Asparagus juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A dan zat besi. Satu gelas asparagus rebus akan memenuhi 65% kebutuhan asam folat harian Kamu.
·  Alpukat
Buah yang lembut ini terkenal memiliki kandungan lemak yang baik bagi tubuh. Ternyata buah ini pun mengandung asam folat yang dapat memenuhi 22% kebutuhan asam folat harian Kamu. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin K dan serat yang berguna bagi tubuh.
·  Kacang-kacangan
Banyak sekali jenis kacang yang mengandung asam folat. Di antaranya ada kacang lentil, kacang polong, kacang kedelai dan produk olahannya, kacang tanah dan kacang kenari. Jangan lupa menambahkan makanan ini dalam menu harian kamu untuk mencukupi kebutuhan asam folat tubuh kamu.
·  Bunga kol
Biasanya bunga kol terkenal karena mengandung banyak vitamin C, namun sayuran ini sebenarnya juga kaya akan asam folat. mengkonsumsi satu gelas bunga kol akan memenuhi kebutuhan asam folat harian kamu sebanyak 14%. Kombinasikan sayuran ini dengan sayuran yang mengandung asam folat lainnya dan kebutuh asam folat Kamu akan terpenuhi.

0 komentar:

Posting Komentar