Selasa, 26 April 2016

Pagi Hari Konsumsi 9 Makan ini

Meski ada yang berpendapat melewatkan sarapan lebih baik ketimbang sarapan dengan menu yang tak sehat, sarapan tetap berperan penting bagi kesehatan.
Makan pagi dengan menu sarapan yang tepat dapat memberi energi pada tubuh Anda serta membuat kita terhindar dari makan berlebihan di siang atau pun malam harinya.
Berikut adalah sembilan jenis makanan yang cocok Anda masukkan dalam menu sarapan pagi, dilansir dari laman Ecowatch, Minggu (24/4/2016):
1. Telur
Telur kaya protein dan beberapa nutrisi penting lainnya. Telur juga membuat perut kenyang dan membantu Anda makan lebih sedikit kalori. Studi menunjukkan, makan telur saat sarapan dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori saat makan berikutnya, serta membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap stabil.
2. Greek yoghurt
Greek yoghurt bertekstur creamy, lezat, dan bernutrisi. Yoghurt ini memiliki protein tinggi, membantu mengurangi nafsu makan, pada beberapa jenis tertentu juga mengandung probiotik.
3. Kopi
Minum secangkir kopi merupakan cara yang menyenangkan untuk memulai hari. Kandungan kafein di dalamnya meningkatkan mood, performa mental, metabolisme tubuh, dan membantu pembakaran lemak.
Pada sebuah studi ditunjukkan, konsumsi 100 mg kafein per hari membantu membakar 79-150 kalori selama lebih dari 24 jam. Cara paling sehat untuk mengonsumsi kopi adalah tanpa gula atau dengan sedikit campuran krim kental (heavy cream).

4. Oatmeal
Oatmeal kaya akan serat beta-glukan yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan rasa kenyang serta mengandung antioksidan. Untuk meningkatkan kandungan protein saat sarapan oatmeal, sajikan dengan susu atau dengan tambahan telur atau sepotong keju.
5. Biji chia
Biji chia sangat kaya nutrisi, tinggi serat, memiliki antioksidan yang mengurangi inflamasi dan risiko penyakit jantung. Antioksidan yang terdapat dalam biji chia melindungi sel tubuh dari radikal bebas.
6. Buah berry
Buah berry mengandung banyak serat dan sedikit kalori. Buah ini juga kaya antioksidan yang disebut anthocyanin yang melindungi jantung dan membuat awet muda. Salah satu cara sehat mengonsumsi berry di pagi hari yaitu menyajikannya dengan greek yoghurt atau keju cottage.
7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengenyangkan dan bernutrisi, mengurangi risiko jantung dan memperbaiki kadar gula darah. Semua jenis kacang-kacangan memiliki kandungan magnesium, potassium, dan lemak tak jenuh yang bersahabat bagi jantung
8. Teh hijau 
Green tea atau teh hijau memiliki kandungan kafein yang meningkatkan mood dan keterjagaan. Selain itu green tea juga memiliki kandungan antioksidan EGCG yang bermanfaat bagi otak dan sistem saraf.
9. Buah-buahan

Buah-buahan bisa jadi menu sarapan yang lezat. Buah-buahan merupakan sumber vitamin, potassium, dan serat yang baik. Sajikan buah-buahan dengan telur, keju, dan greek yoghurt untuk mendapat sarapan seimbang yang bisa membuat tubuh lebih berenergi.

0 komentar:

Posting Komentar