Kamis, 17 Maret 2016

Kegunaan Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut.
1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Cuka apel berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh karena kandungan kalium dari cuka apel ini berperan dalam proses penyembuhan dan sebagai elektrolit yang komposisinya mirip dengan elektrolit tubuh sehingga mengapa cuka apel bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh 
2. Menurunkan Kadar Kolesterol 
Cuka apel dengan kadar Asam amino yang tinggi dibandingkan dengan bentuk buah apel segarnya, dan ternyata kandungan Asam amino ini dapat menurunkan kadar kolesterol kamu yaitu kadar kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL). Selain itu cuka apel mengandung pectin yang berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol dengan interaksi dengan C menjadikan manfaat cuka apel adalah sebagai antikolesterol.
3. Menjaga Keseimbangan Asam Basa Cairan Tubuh 
Keseimbangan pH dimana salah satu kandungan yang bermanfaat menjaga keseimbangan Asam basa cairan tubuh adalah Asam amino. 
4, Regenerasi Sel-Sel Rusak 
Asam amino yang terdapat didalam cuka apel juga bekhasiat untuk meregenerasi sel-sel yang rusak. Sehingga bagi kamu yang memiliki masalah-masalah kulit cuka apel menjadi pilihan kamu setiap hari. 
5. Menjaga Kesehatan Mata dan Kornea Mata
Kandungan vitamin A pada cuka apel juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata kamu seperti tabel kandungan gizi cuka apel dan begitu juga kandungan vitamin B2 (riboflavin) yang menjaga dan memelihara kesehatan kornea mata. 
6. Membersihkan Radikal Bebas 
Vitamin A, Provitamin Beta Karoten, Vitamin C dari ketiga kandungan dan masih banyak lagi yang bisa membersihkan tubuh kamu dari radikal bebas penyebab berbagai penyakit. 
8. Mencegah Terjadinya Neuritis
Kandungan vitamin A, B1 (tiamin), dan Vitamin C yang kaya membuat cuka apel berkhasiat untuk mencegah terjadinya penyakit neuritis. 
9. Mencegah Rematik
Magnesium, Vitamin B1 (Tiamin) berkhasiat untuk mencegah penyakit rematik dan magnesium yang notabene berperan dalam melekatkan kalsium  dan fosfor sehingga rematik kamu dapat berkurang dan sehat kembali.
10. Mencegah Kanker
Cuka apel berkhasiat untuk mencegah kanker karena banyak kandungan gizi cuka apel yang berfungsi untuk mencegah penyakit kanker, atau sebagai pembantu dalam mencegah penyakit kanker, seperti Vitamin B1 (Tiamin), Vitamin A, Vitamin B2 (ribflavin), Vitamin C, Provitamin Beta Karoten, Enzim, dan Serat Pectin. 
11.Menyehatkan, Melindungi dan Memperbaiki Lambung 
Asam amino, Vitamin B1 (Tiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), Enzim, Serat Pectin, dari beberapa kandungan ini dan ada masih banyak lagi yang terkandung dalam cuka apel berkhasiat menyehatkan lambung.  
12. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 
Manfaat yang satu ini mungkin banyak terdapat di buah dan begitu juga dengan hasil fermentasi buah apel yakni cuka apel juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, imunitas, atau sistem kekebalan tubuh yang mana beberapa kandungan yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin A, B1, B2, C,  Provitamin Beta Karoten, Enzim, Serat Pectin.
13. Mengurangi Kram Pada Kaki
Kandungan sari apel yang bermanfaat dalam melarutkan kristal asam urat sebagai penyebab utama timbulnya kram. Sehingga bagi kamu yang sering mengalami masalah kram, mungkin bisa mengkonsumsi cuka apel 
14. Melawan Osteoporosis 
Kandungan Magnesium dalam cuka apel bisa melawan terjadinya penyakit osteoporosis yang mana magnesium berperan dalam melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang.
15. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Menyehatkan Jantung
Kandungan Vitamin kompleks, Magnesium, Enzim, dan Serat Pectin, Tannin, dan Fitokimia yang seluruh dan masih banyak lagi 
kandungan cuka apel yang berkhasiat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, dan menyehatkan jantung jika kamu mengkonsumsi cuka apel setiap hari secara rutin.  
16. Penenang Alami. Cuka apel juga berkhasiat sebagai obat penenang artinya dapat menenangkan jika sedang marah, atau stress dan menghindarkan kamu dari namanya stress, dengan mengkonsumsi setiap hari.
17. Mengatasi Penyakit Maag. Kalium, Asam amino, Vitamin B1 (Tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), dan Serat Pectin, kandungan ini berkhasiat untukk kamu yang menderita penyakit maag dan hal tersebut ada pada cuka apel, walaupun cuka apel rasanya masam, namun hal ini tidak membuat kamu terkena penyakit maag bahkan sebaliknya, cuka apel bisa mengatasi penyakit maag karena dapat meningkatkan senyawa basa dalam tubuh anda dan perlu teman-teman ketahui dan sebelumnya telah kami jelaskan diatas, bahwa mengetahui makanan yang memiliki kandungan asam atau basa itu tidak dengan rasanya. 
18. Menyehatkan Saluran Pecernaan. Cuka Apel juga berkhasita untuk menyehatkan saluran pencernaan karena mulai dari kalium yang meningkatkan metabolisme tubuh, asam amino yang menurunkan kadar kolesterol darah, menjaga keseimbangan asam basa cairan tubuh, vitamin A : sebagai antioksidan, vitamin B1: memelihara sifat permeablitas dinding pembuluh darah, sehingga tidak terjadi penumpukan cairan tubuh, dan serat pectin: sebagai senyawa polisakarida yang melindungi dinding lambung dan usus.
19. Meredakan Rasa Letih dan Lesu. Meredakan rasa letih dan lesu yang diakibatkan karena sedikitnya pasokan darah yang kaya oksigen sehinga asam urat menumpuk. Jika disertai rasa tidak nyaman dan gatal, bisa jadi karena toksemia (keracunan dalam darah). Bisa diatasi dengan membuat ramuan 3/4 cangkir cuka apel, tambahkan 1/4 cangkir madu, aduk dan minumlah sedikit-sedikit agar badan anda segar sepanjang hari, tidur enak dan minum setiap setelah sarapan. 
20. Obat Penyembuh Batuk dan Sakit Tenggorokan. Campurkan cuka apel dengan air hangat dalam jumlah yang sama, kemudian gunakan untuk berkumur sambil mengadakan kepala, lalu buang. Hal ini ternyata bisa meredakan dan menyembuhkan batu serta sakit tenggorokan. 
21. Mencegah Terjadinya Kanker Usus. Khasiat cuka apel yang dapat mencegah kanker usus dan menyehatkan usus. Cuka apel mengandung Vitamin B Kompleks, Enzim, dan yang paling utama adalah serat pectin karena merupakan senyawa polisakarida yang mudah larut dalam air yang berfungsi melindungi dinding lambung dan usus bila terjadi luka, toksin kuman dan asam lambung berlebih.
22. Mencegah Terhindar dan Meringankan Penyakit Diabetes Militus. Dari sifatnya yang memperlambat penyerapan glukosa yang dapat membantu mencegah kenaikan glukosa (gula darah) sehingga sangat baik bagi penderita diabetes militus dan bagi kamu yang ingin terhindar dari penyakit tersebut. 
23. Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Stroke. Kandungan Asam amino yang berfungsi membuat protein dalam darah untuk mempertahankan tekanan osmose  darah, menurunkan kadar kolesterol, vitamin B1 (tiamin) yang sifatnya permeabilitas dinding pembuluh darah sehingga mencegah penumpukan cairan jaringan tubuh sehingga bisa mencegah dan mencega penyakit stroke.
24. Menurunkan Berat Badan. Asam amino yang menurunkan kadar kolesterol darah, Vitamin A, dan Vitamin B Kompleks, dan serat Pectin yang melancarkan pencernaan dan juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan kamu.  
25. Mencegah Bau Badan, Mulut, Kutu Air, dan Bau Kaki. Cuka apel dapat menghilangkan bau badan, mulut, kutu air, dan bau kaki karena cuka apel berguna memelihara dan menyeimbangkan asam basa dalam tubuh kita sehingga bermanfaat bagi kamu yang memiliki masalah bau badan sedangkan manfaat menghilangkan bau mulut karena sifat-antibakteri yang dimiliki cuka apel sehingga bermanfaat bagi anda sebagai pembersih mulut sekaligus pencuci mulut kamu. 
26. Mengatasi Hidung Tersumbat. Cuka apel dapat membantu anda mengatasi hidung tersumbat dengan mencampurkan cuka apel dengan air hangat lalu masukkan ke hidung sampai batas rongga hidung dan terasa air tersebut masuk ke mulut dan jika sudah terasa buang kembali.

27. Mengenyangkan/Diet. Kandungan kalori yang tinggi yang dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dan serat pectin yang berfungsi untuk membentuk volume makanan. 

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Kecantikan Kulit

28. Membersihkan Kulit. Cuka apel bias digunakan sebagai masker wajah dengan mencampurkan madu, dan tanah liat dan biarkan selama 15 menit di wajah kemudian cuci bersih. 
29. Meningkatkan Kecerahan Kulit. Cuka apel berkhasiat untuk meningkatkan kecerahan kulit dan mengurangi tingkat pigmentasi kulit serta menghilangkan bintik-bintik gelap dan melembabkan kulit. Yaitu dengan cara menempatkan cuka apel sebagai pembersih wajah kamu yang dicampur dengan air. 
30. Menyembuhkan Psoriaris dan Radang. Cuka apel bisa membantu  dalam mengurangi rasa sakit dari kulit yang terkelupas akibat sengatan matahari dan kandungan sulfur membuat kulit menjadi kencang dan mencegah penuaan dini.
31. Menjaga pH Kulit. Yaitu dengan cara mengencerkan cuka dengan air dan oleskan pada kulit anda. Menjaga pH kulit bisa mencegah munculnya jerawat dan memperbaiki kulit yang rusak dan kutil. 

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Kecantikan Rambut

32. Meningkatkan Pertumbuhan dan Memperkuat Rambut. Caranya, dengan mencampur satu sendok cuka apel dengan segelas air lalu minum secara teratur atau memberikannya langsung ke rambut dan pijat-pijat.
33. Membersihkan Sel-Sel Kulit Mati pada Kulit Kepala. Nutrisi yang terdapat dalam cuka apel bisa membantu dalam membersihkan sel-sel kulit mati dan tentu saja dapat meningkatkan volume dan kilau rambut dengan menyuci rambut secara teratur dengan cuka apel.
34. Meningkatkan Kualitas Rambut. Kandungan asam alpha-Hydroxy yang berguna menutup kutikula dan membuat rambut lebih halus  dan meningkatkan kualitas rambut.
35.  Mencegah Ketombe, Infeksi Kulit, dan Gatal. Sifat cuka apel yang anti-bakteri bermanfaat dalam penanganan ketombe, infeksi kulit dan gatal-gatal yang mana jamur penyebab ketombe adalah Malassezia furfur dapat dibersihkan dan tak dapat berkembang. 

Cara Pembuatan Cuka Apel 

Alat dan bahan pembuatan cuka apel
1.    Bahan-bahan yang di gunakan :
·         Apel 500 gr
·         Gula 100 gr
·         Air 500 ml
·         amonium phosphat [ (NH4)3 PO4] 0,25 gram/liter
·         kalsium metabisulfit 0,125 gram/liter           
·         NaHCO3
·         asam sitrat
·         ragi roti (Saccharomyces cereviseae) sebanyak 0,5 gr untuk 500 ml sari buah apel.
2.Peralatan yang digunakan adalah sebagai berikut 
·         Timbangan
·         Kain saring
·         Baskom
·         Panci
·         toples
·         kompor
·         belender
·         labu ukur
·         lilin
Setelah menyiapkan alat dan bahan pembuatan cuka apel, selanjutnya lihat cara-cara pembuatan cuka apel dibawah ini.
1. Disiapkan buah apel yang masak dan tidak busuk, dicuci bersih, jangan dikupas kulitnya, direbus dan ditambah air sebanyak 500 ml sampai mendidih agar buah apel tidak terjadi pencoklatan pada saat diblender, didinginkan.
2. Buah apel yang telah direbus, dipotong kecil – kecil, diblender bersama dengan air rebusan buah apel, lalu saring dengan kain saring untuk mendapatkan sari buah (filtrat).
3. Diatur pH dari filtrat menjadi ± 4,5. Bila pH < 4 ditambahkan NaHCO3 dan bila > 5 ditambahkan asam sitrat.
4. Larutan sari buah apel ditambahkan gula pasir sebanyak ± 10% (100 gr per liter),dan ditambah air sebanyak 500 ml, dipasteurisasikan pada suhu 70 – 80 ÂșC selama 15 menit (dihitung mulai dari setengah mendidih), kemudian didinginkan dengan cara diangin-anginkan sampai suhunya turun, dimasukkan ke dalam labu ukur 500 ml dihomogenkan,lalu dimasukan dalam botol fermentasi, Ditambahkan ragi roti (Saccharomyces cereviseae) sebanyak 0,5 gr untuk 500 ml sari buah apel.
5. Botol fermentasi disumbat dengan karet / gabus yang diberi lubang kecil untuk memasukkan pipa plastik yang berbentuk “U” serta rapatkan lubang gabus tadi dengan lilin dan ujung pipa dan ujung pipa dimasukkanke dalam air dimasukkan ke dalam air.
6. Dibiarkan pada suhu ruangan ± 14 hari. Fermentasi berlangsung bila timbul gas CO2 yang terlihat dalam air berupa gelembung udara. Fermentasi akan berlangsung terus sampai gula dalam sari buah habis.
7. Selama peragian, botol penampung diisi air untuk menghalangi masuknya udara dari luar.
8. Apabila fermentasi telah selesai, larutan sari buah yang telah difermentasi disaring dengan menggunakan corong yang dilapisi kapas bersih.
9. Supaya ragi dapat tumbuh dan bekerja dengan baik dapat ditambahkan amonium phosphat [ (NH4)3 PO4] 0,25 gram/liter.
10. Untuk menghambat atau membunuh pertumbuhan mikroorganisme (bakteri atau kapang) yang tidak dikehendaki dapat ditambahkan kalsium metabisulfit 0,125 gram/liter.
11. Awal fermentasi dihasilkan kadar alkohol hingga mendapatkan hasil kadar alkohol optimum. Setelah kadar alkohol optimum tercapai lakukan fermentasi kembali sehingga didapatkan kadar asam asetat optimum dalam pembuatan cuka apel, semakin lama fermentasi maka semakin bagus pula kadar asam asetat yang terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar