Minggu, 08 Mei 2016

PENYEBAB SERANGAN JANTUNG DI KANTOR



APAKAH kamu duduk selama berjam-jam di kantor? Jika iya, maka ambilah waktu istirahat untuk bangkit dari kursi. Apabila tidak, ancaman serangan jantung mengintai kamu di kantor.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu duduk tidak baik untuk jantung. Perilaku terlalu lama duduk berhubungan dengan peningkatan jumlah kalsium di arteri jantung yang pada akibatnya membuat Kamu memiliki resiko tinggi terkena serangan jantung.


Penulis studi dan profesor senior di University of Texas Southwestern Medical Centre, Amit Khera mengatakan, dalam penelitian ini duduk berjam-jam dikaitkan dengan penanda awal penumpukan aterosklerosis pada jantung. Dia juga mencatat bahwa setiap jam tambahan waktu duduk dikaitkan dengan risiko 12 persen lebih tinggi terhadap arteri koroner.

Penelitian ini memperlihatkan bahwa peningkatan aterosklerosis subklinis ditandai dengan deposisi kalsium melalui perilaku menetap akan meningkatkan risiko kardiovaskular. "Kami mengamati hubungan yang signifikan antara peningkatan waktu menetap dan kalsium arteri koroner. Hal ini terlepas dari faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti diabetes serta tekanan darah tinggi," kata Khera yang dikutip Zeenews, Selasa (3/5/2016).

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology, para peneliti menyimpulkan bahwa mengurangi waktu duduk selama 1-2 jam sehari, dapat memiliki dampak positif terhadap kesehatan jantung di masa depan.

1 komentar: