Minggu, 08 Mei 2016

PENYAKIT YANG DITULARKAN OLEH TIKUS



Tikus yang berkeliaran di sekitar tempat tinggal sering kali mengganggu kenyamanan keluarga. Tikus, selain berbahaya bagi anak-anak, juga berbahaya bagi orang dewasa yang berada di lingkungan tersebut.
Tikus merupakan golongan hewan pengerat dengan segudang penyakit. Dari bentuk dan warnanya saja sudah bisa meyakinkan kita bahwa hewan ini layak untuk dibenci. Banyak penyakit yang bisa ditularkan oleh tikus, sang hewan pengerat, ini.

Ada 4 penyakit yang bisa ditimbulkan oleh tikus, antara lain:

1.   Hantavirus Pulmonary Syndrome

Hantavirus pulmonary syndrome merupakan penyakit menular gangguan pernapasan yang ditandai dengan gejala seperti flu yang bisa berkembang dengan cepat dan berpotensi mengancam jiwa. Virus ini dibawa oleh beberapa jenis hewan pengerat, terutama tikus. Seseorang bisa terinfeksi penyakit ini karena menghirup udara yang terpapar oleh hantavirus, yang mengandung urin dan kotoran tikus. Pengobatan untuk penyakit ini belum bisa dilakukan dengan maksimal, jadi cara terbaik untuk mencegah Kamu terpapar penyakit ini adalah dengan menghindari tikus ataupun tempat yang bertikus.

2.   Rat Bite Fever

Penyakit ini ditularkan oleh gigitan tikus yang secara langsung mengenai tubuh.Disamping itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang sudah tergigit oleh tikus sebelumnya.

3.   Leptospirosis

Leptospirosis ditularkan oleh bakteri Leptospira sp. Leptospirosis bisa terjadi di seluruh dunia, baik di pedesaan maupun di perkotaan, baik di daerah subtropis ataupun daerah tropis. Orang yang bekerja di luar ruangan bersama hewan, seperti peternak dan petani, lebih berisiko untuk terkena penyakit ini. Pada umumnya, penyakit ini terjadi di saat musim penghujan dan banjir. Air kencing pada hewan yang terkontaminasi adalah sumber penularan yang utama. Sejauh ini diketahui bahwa tikus adalah sumber utama penyebar penyakit Leptospirosis.

4.   Murine Typhus

Murine Typhus atau demam tifus atau penyakit Ricketsia merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh kelompok bakteri gram negatif dari golongan Rickettsiae. Bakteri spesies Rickettsiae bisa ditemukan di binatang atau serangga kecil kelompok arthropoda, seperti tungau, kutu, tuma atau caplak yang telah terinfeksi. Disamping itu, bakteri ini juga dapat ditemui pada kotoran binatang yang telah terinfeksi. Tikus merupakan penyebab utama, penyebar bakteri ini.

0 komentar:

Posting Komentar